Program Studi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gajayana diselenggarakan sejak tahun 1987. Program Studi Ekonomi Pembangunan terakreditasi BAN PT sesuai dengan SK No. 145/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2014 dengan nilai Akreditasi ‘B’, berlaku sampai dengan 20 Mei 2019.

Program Studi Ekonomi Pembangunan menyelenggarakan proses belajar mengajar dengan mengacu pada kurikulum berbasis kompetensi. Kurikulum dilengkapi dengan laboratorium ekonometrika, laboratorium perbankan, laboratorium perpajakan dan laboratorium pasar modal. Laboratorium-laboratorium ini menjadi media pembelajaran bagi mahasiswa dalam menghadapi ‘dunia nyata’, termasuk di dalamnya industri perbankan. Melalui pembelajaran laboratorium, mahasiswa dapat melakukan simulasi dari miniatur kegiatan yang sesungguhnya.

Para dosen di Program Studi Ekonomi Pembangunan memiliki kompetensi akademis dan profesional. Semua dosen pengajar bergelar Master dan Doktor. Kompetensi-kompetensi utama dosen Program Studi Ekonomi Pembangunan selain pengajar antara lain adalah peneliti di bidang akademik, peneliti di bidang kebijakan publik, konsultan perencanaan pembangunan, konsultan perpajakan, konsultan penilaian aset, konsultan perbankan dan analis keuangan.