Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gajayana merupakan program studi tertua yang berdiri sejak tahun 1980. Program Studi Akuntansi telah terakreditasi BAN PT dengan nilai “B” berdasarkan SK No. 157/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/VII/2013, tanggal 20 Juli 2013 dan ijin operasional SK No. 7920/D/T/K-VII/2011.

Tenaga pengajar di Program Studi Akuntansi merupakan dosen-dosen yang memiliki kompetensi dan dedikasi yang tinggi dengan latar belakang pendidikan S2 dan S3 Ilmu Akuntansi. Selain sebagai dosen, tenaga pengajar  Program Studi Akuntansi juga merupakan praktisi di bidang akuntansi dan perpajakan, managing partner pada kantor akuntan publik serta praktisi bisnis. Sejumlah dosen Program Studi Akuntansi memiliki sertifikasi sebagai konsultan Pajak (Bersertifikat Konsultan Pajak dari kementerian keuangan), sebagai pendidik serta sebagai akuntan.

Proses belajar mengajar dilaksanakan secara interaktif, dilengkapi dengan sarana laboratorium komputer akuntansi dan perpajakan, ruang baca serta memiliki Pusat Pengembangan Akuntansi dan Perpajakan. Untuk meningkatkan kompetensi dan pengalaman lulusan, Program Studi Akuntansi juga menjalin kerjasama dengan institusi (pemerintah maupun swasta) untuk pelaksanaan kegiatan magang, kuliah kerja profesi maupun kegiatan pemegang kompetensi lainnya.

Program Studi Akuntansi menghasilkan lulusan yang memiliki peluang kerja yang luas. Lulusan Program StudiAkuntansi bisa mengembangkan karier dibidang akuntan internal (akuntan manajemen), auditor, analis keuangan, pengembangan sistem informasi akuntansi, konsultan manajemen, konsultan pajak, akuntan pendidik dan masih banyak bidang lainnya.

Lulusan Program Studi Akuntansi memiliki gelar Sarjana Ekonomi (SE) dan bisa mendapat gelar tambahan sebagai akuntan berregister (SE., AK) dengan menempuh minimal 24 SKS pada program pendidikan tambahan di Pendidikan Profesi Akuntan (PPA).

Lulusan Program Studi Akuntasi banyak bekerja pada sektor perusahaan swasta, sektor pendidikan (guru dan dosen), BUMN/BUMD, perbankan, kantor akuntan publik, konsultan pajak, kantor pajak, pemerintahan, asuransi serta bekerja secara mandiri dengan bekal kewirausahaan yang diperoleh.