Kompetensi Lulusan

Program Studi menghasilkan lulusan  yang  memiliki kompetensi utama, kompetensi mendukung, dan  kompetensi  lain. Kompetensi  utama  adalah  kemampuan  mahasiswa  untuk  menampilkan kinerja yang memadai pada suatu kondisi pekerjaan utama sesuai dengan hasil proses pendidikan di program studi.

Kompetensi utama lulusan Program Studi adalah:

  1. Lulusan  memiliki  pengetahuan  dan  keahlian  dalam  bidang  akuntansi  keuangan  (menyusun Laporan Keuangan berdasar SAK Indonesia)
  2. Lulusan memiliki kemampuan dan keahlian dalam bidang akuntansi manajemen (Menghitung dan melaporkan harga pokok produksi)
  3. Lulusan memiliki kemampuan dan keahlian dibidang perpajakan
  4. Lulusan  memiliki  kemampuan  untuk  merencanakan, mendesain  dan  melakukan  penelitian serta melaporkan hasil penelitiannya.

Kompetensi  pendukung  adalah  kemampuan  mahasiswa  untuk  mendukung  penampilan  kinerja yang memadai dalam suatu kondisi tertentu.

  1. Lulusan  memiliki kemampuan untuk menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang akuntansi
  2. Lulusan mampu mengikuti dan mengaplikasikan perkembangan peraturan teknis perpajakan
  3. Lulusan memiliki ketrampilan menghimpun, mengolah dan menganalisa data menjadi informasi yang berguna untuk pengambilan keputusan

Sedangkan kompetensi lain/pilihan merupakan kemampuan mahasiswa yang bersifat khusus dan berkorelasi dengan kompetensi utama

  1. Lulusan memiliki kemampuan dan keahlian bidang akuntansi sektor publik.
  2. Lulusan memiliki kemampuan dan keahlian bidang akuntansi untuk sektor UKM